Aplikasi Online Pembuat Android App Sederhana

Banyak aplikasi pembuat aplikasi mobile berbasis Android yang mudah untuk digunakan, beberapa di antaranya tersedia secara online, antara lain: MIT App Inventor, AppyPie, AppYet, AppsGeyser, dan Andromo. Google juga menyediakan aplikasi untuk mengelola excel via android dengan nama Appsheet (lihat pos yang lalu)

MIT App Inventor

Aplikasi ini dibuat oleh kampus Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang berbasis web, atau diistilahkan dengan cloud-based. Untuk memulai cukup mudah. Buka saja situsnya lalu klik “Start Now”.

Ada empat point yang perlu diketahui antara lain. 1) Instruksi setup yang berisi empat mode ketika perancangan aplikasi dari laptop ke handphone, antara lain: via wifi, via chrome book, via emulator, dan via kabel USB. 2) Editor blok dan disain yang berisi jendela App Inventor Designer dan App Inventor Block Editor. 3) Tutorial untuk pemula yang berisi video belajar. 4) Pemaketan dan sharing via APK agar bisa diinstal di sembarang hp android.

Aplikasi Sederhana Pertama

Banyak di point 3 yang berisi sampel cara pembuatannya, misalnya aplikasi sederhana membunyikan suara. Silahkan lihat sambil membuka panduannya, buka jendela Create Apps di bagian atas kiri.

Kita akan diminta log in via Google. Masukan saja akun Gmail kita.

Berikutnya muncul jendela Term of Service yang cukup jlimet. Silahkan baca, atau langsung saja tekan “I accept the terms of service!”. Ternyata ada pilihan tutorial-tutorialnya, misalnya “Hello Purr” berikut ini.

Bagaimana proses pembuatannya? Buat saja project baru, siapkan satu gambar (jpg) dan satu suara (mp3), ikuti langkah-langkah di panduan ini.

Untuk menjalankannya masuk ke menu Build untuk membuat file APK agar bisa diinstal di HP kita.

Saya tertarik dengan App via QR Code. Kita coba saja dengan mengklik pilihan tersebut. Tunggu progress hingga selesai, dan hasilnya adalah QR code berikut ini.

Link tersebut (http://ai2.appinventor.mit.edu/b/4e7a) ketika diklik akan mengarahkan ke APK yang dihasilkan. Namun hanya bisa dipakai maksimum 2 jam. Atau pilihan kedua saja bisa unduh langsung (file APK). Kalau ingin serius silahkan gunakan Android Studio, Kotlin, Dart, Flutter, dan lainnya. Sekian, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Komputer dan Masyarakat, Puisi Kehidupan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Aplikasi Online Pembuat Android App Sederhana

  1. Ping balik: AppSheet – Aplikasi Android Untuk Mengelola Data Excel | Rahmadya Trias Handayanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.