Menggambar Pertumbuhan Lahan dengan ArcGIS

Untuk menggambarkan pertumbuhan lahan (land use growth) perlu membuat hasil pengurahan lahan terkini dengan lahan sebelumnya. Hasil pengurahan itu merepresentasikan penambahan lahan. Prinsipnya sederhana tetapi agak ribet untuk menerapkannya di ArcGIS mengingat fungsi Erase tidak bisa menggunakan data raster sebagai pengurangnya. Padahal baik pengurang maupun yang dikurangi dua-duanya data raster (lihat postingan sebelumnya untuk pengurangnya data vektor).

Salah satu fungsi di ArcGIS yang baik untuk mengelola data raster adalah Mosaic to New Raster. Dengan fungsi ini maka dapat dibentuk satu peta yang merupakan selisih antara peta terkini dengan peta sebelumnya. Penjelasannya cukup rumit, tetapi langkah pengerjaannya sederhana. Sebagai uji coba perhatikan gambar dua peta yang menggambarkan perubahan lahan di bawah ini.

Dua peta lahan itu memiliki dua atribut yaitu yang berwarna hitam (urban) dan background putih (non-urban). Dengan prinsip overlapping pada fungsi Mosaic to New Raster maka pixel yang sama akan ditimpa. Langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Dengan fungsi Extract by Mask hilangkan daerah non-urban pada peta yang lampau. Caranya dapat dilihat pada postingan tentang fungsi ini.

2. Langkah berikutnya adalah merubah daerah urban yang tersisa menjadi non-urban, fungsinya adalah untuk menimpa daerah urban pada peta terkini sehingga yang tersisa hanyalah daerah urban tambahan dari peta yang lampau. Gunakan fungsi Reclassify untuk merubah kelas urban menjadi non urban. Mudah-mudahan bisa dimengerti. Atau jika belum paham, ikuti saja langkahnya, biasanya akan paham sendiri, memahami lewat praktek.

3. Jika sudah lakukan Mosaic to New Raster antara hasil extract dengan peta terkini, maka hasilnya adalah perkembangan lahan. Jangan sampai salah mengisi parameter: Mosaic Operator.

Hasilnya harus selisih antara lahan terkini dengan lahan sebelumnya (saya beri warna merah pada gambar hasil di bawah ini), dengan catatan, lahannya bertambah pada kelas daerah urban.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s