Sumber Inspirasimu Ada di Sekitar

Teman/Guru

Pergaulan kita memang sangat mempengaruhi perkembangan jiwa kita. Apa corak yang mewarnai diri kita sangat ditentukan oleh teman. Bahkan di Islam dikatakan bahwa “seseorang mengikuti agama temannya ..”. Jadi peran teman, apalagi sahabat sangat menentukan bentuk pribadi kita. Mungkin agama lain memiliki prinsip yang sama. Postingan ringan ini sedikit berbagi pengalaman hal-hal yang mempengaruhi atau menginspirasi hidup saya yang mungkin ada kemiripan dengan pembaca sekalian.

Banyak teman yang menginspirasi saya. Dampaknya sangat luar biasa, mengalahkan sumber-sumber inspirasi lain karena sifatnya yang “live”, berbeda dengan sumber-sumber lain yang sedikit ada campuran rekayasa. Setidaknya kita kurang percaya. Bandingkan Anda melihat maling secara langsung dengan lewat berita di koran, di radio, di televisi atau internet. Atau melihat hantu .. upss.

Banyak guru atau dosen yang menginspirasi. Entah karena kepintaran, skill, atau sekedar sifat baiknya, tutur kata, dan hal-hal menarik lainnya. Bagaimana yang sudah selesai sekolah? Silahkan cari sumber-sumber lain, entah di asosiasi, pertemuan-pertemuan ilmiah dan sejenisnya. Pasti ada satu, dua yang bisa memacu kita untuk maju.

Film

Ya, yang satu ini mau tidak mau pasti dialami oleh sebagian besar anak kecil, terutama seumuran saya, maksimal. Maksudnya maksimal adalah saya sudah mengalami nonton film walaupun di TVRI waktu itu. Generasi seusia orang tua saya tentu saja belum ada, entah mungkin tontongan wayang kulit/golek atau ketoprak bisa saja mirip pengaruhnya. Waktu kecil ketika teman sebaya saya mengagumi sebuah tokoh jagoan, saya malah tertarik dengan orang tua berkacamata tebal, dan biasanya berjenggot lebat. Siapakah dia? Dia lah yang saya kagumi, seorang profesor. Seseorang yang mensuport si jagoan, bahkan mampu menciptakan robot yang bisa berubah-ubah. Generasi milenial tentu saja sulit dibayangkan dampaknya mengingat informasi sudah berkembang dengan cepat dan murah. Lewat youtube, seorang anak bisa menikmati beragam tontonan yang diinginkan tanpa menunggu jadwal dan duduk manis menikmati acara.

Bacaan

Bacaan paling berkesan bagi seorang anak adalah bacaan ketika kecil. Generasi 80-an pasti mengenal “ini ibu budi”. Untuk masalah keagamaan pasti mengenal juga “juz ama” yang sulit dipelajari waktu itu ketika teknik iqra belum ada. Sayangnya bacaan pelajaran di sekolah jarang yang menginspirasi. Untungnya beberapa guru bisa menginspirasi, tentu saja yang ringan tangan. Maksudnya gemar membantu dan membimbing, bukan meng … silahkan isi sendiri.

Untuk yang terakhir ini, agak unik. Dibilang sangat berpengaruh juga tidak, karena kalah dengan sumber yang lain. Tetapi dibilang tidak berpengaruh juga tidak. Lihat saja berita hoax yang saat ini marak kebanyakan dari tulisan yang dibaca. Mungkin karena kurangnya orang kita membaca lebih lanjut jadi mencari bacaan yang instan yang biasanya diperoleh di medsos. Bacaan juga memiliki keunggulan dibanding sumber yang dibahas di awal, yaitu jumlah informasi yang didapat tiap waktu lebih banyak. Teman mungkin bercengkerama beberapa jam, film juga, tetapi buku bisa berjam-jam dan tidak perlu urut/serial seperti film. Makanya, malaikat Jibril kabarnya gemas ketika menyuruh nabi membaca dan ternyata memang waktu itu nabi tidak bisa membaca. Kita yang bisa membaca karena memang disekolahkan sejak kecil tetapi malas membaca sepertinya Jibril a.s lebih gemas lagi, apalagi sampai percaya berita hoax.

Iklan

Satu respons untuk “Sumber Inspirasimu Ada di Sekitar

  1. Sepertinya buku dan kegiatan membaca merupakan inspirasi yang paling utama dalam hal melakukan kegiatan ngeblog. Saya pun mengalaminya, ketika ide menulis dirasa sudah habis saya mulai sibuk membaca buku yang saya suka ataupun membaca beberapa tulisan di blog orang lain. Karenanya saya jad terinspirasi kembali dan ide menulis pun ada lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s