Membuat Peta Urban dari Satelit

Menganalisa perubahan lahan suatu daerah dari pertanian, hutan, lahan kosong, dan sejenisnya menjadi pemukiman sangat bermanfaat bagi pengambil keputusan. Selain itu, dampak negatif yang muncul akibat perkembangan yang tidak terkendali dapat diantisipasi dari awal. Peran ahli-ahli di bidang planologi, geografi, dan yang berhubungan dengan pemetaan wilayah sangat diperlukan.

Salah satu bidang yang diperlukan adalah remote sensing dan geography information system (RS-GIS). Ilmu ini menyediakan sarana berupa citra satelit baik saat ini maupun di masa yang lampau. Satelit yang biasa digunakan adalah Landsat, yang disediakan oleh USGS. Lihat postingan sebelumnya untuk mengetahui bagaimana mengunduh citra satelit gratis tersebut.

Citra satelit pada bulan dan tahun tertentu yang telah diunduh kemudian diklasifikasi dengan software tertentu, misalnya IDRISI. Setelah cropping mengikuti study area dengan proses WINDOW, klasifikasi dengan hard classifier (ISOCLUST) dilakukan hingga terbentuk klasifikasi seperti gambar di bawah ini.

Yang berwarna merah adalah daerah urban sementara yang kuning adalah non-urban. Background perlu juga diberi kelas khusus (berwarna hitam). Semua terkonsentrasi di wilayah Jakarta.

Untuk menganalisa daerah Jabodetabek, perlu dipotong lagi dengan peta jabotabek. Biasanya GIS tool diperlukan (ArcGIS, ArcView, QGIS, dll). Proses yang diperlukan adalah RASTER CLIP dengan peta jabodetabek, atau study area tertentu. Memahami bagaimana menggunakan Geoprocessing tools mutlak diperlukan, termasuk yang terpenting adalah bagaimana bekerja dengan proyeksi dan koordinat. Jika tidak, maka akan dijumpai banyak masalah.

Gambar di atas adalah peta urban Jabodetabek tahun 1988 yang lalu. Tampak semua terkonsentrasi di Jakarta.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Asian Institute of Technology, Geographic Information System, Riset dan Penulisan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.