Problematika Explore Database pada Matlab

Matlab terkini sudah memiliki fasilitas untuk mengeksplore suatu database. Hampir semua database dapat diakses dengan Matlab, khususnya yang berbasis Windows. Hanya saja ada sedikit permasalahan dengan kompatibilitas antara 64 bit dengan yang 32 bit. Berikut beberapa kemungkinan yang terjadi antara Windows, Matlab, dan Sistem database yang digunakan.

Baik Windows, Matlab dan Database 32 Bit atau 64 Bit

Untuk kasus ini tidak ada masalah yang berarti. Banyak tutorial yang membahas bagaimana mengkoneksikan database dengan Matlab dengan versi bit yang sama. Kebanyakan database dapat digunakan dengan menggunakan fasilitas Open Database Connectivity (ODBC) bawaan Windows. Link youtube ini cukup baik menjelaskan bagaimana mengkoneksikan database ke Matlab 64 bit.

Windows 64 Bit, tetapi Matlab dan Database 32 Bit

Untuk kasus ini ada sedikit masalah ketika mengeset ODBC karena driver yang tidak muncul. Untungnya Windows 64 bit masih memberikan fasilitas untuk mengelola ODBC versi sebelumnya (ODBC 32 bit). Cara mudahnya adalah dengan mengetik: odbcad32 di menu RUN. Letak file ‘odbcad32.exe’ ada di: C:\Windows\SysWOW64\odbcad32.exe.

Windows dan Matlab 64 Bit, tetapi database 32 Bit

Masalah ini banyak ditanyakan oleh pengguna di internet. Hampir semua jawaban tidak memuaskan, bahkan ketika ditanyakan ke pihak Microsoft. Kebanyakan kasusnya adalah user menginstall microsoft access 32 bit sebagai database tetapi memiliki Matlab versi 64 bit, misalnya Matlab 2013b.

Dikatakan bahwa DSN pada ODBC yang dibuat tidak matching antara arsitektur dengan driver aplikasi. Saran yang paling ampuh adalah menginstall ulang Microsoft Access dengan versi yang sama dengan Matlab tersebut (versi 64 bit). Matlab sendiri menganjurkan menggunakan 64 bit karena memiliki keunggulan tersendiri dalam penggunaan RAM maksimalnya (melebihi 3 Gb).

Menggunakan Database non Microsoft

Sebenarnya saya mencari driver yang bisa menambahkan driver access di kolom isian driver 64 bit. Ternyata selalu saja ada instruksi error bahwa access yang diinstall tidak 64 bit. Jika enggan menguninstall office 32 bit, ada alternatif database lain yang bisa digunakan yaitu MySQL. Ketika menginstall ODBC untuk MySQL maka di driver pada ODBC 64 bit muncul driver baru seperti di bawah ini.

Tampak MySQL ODBC 5.3 pada driver. MySQL sendiri dapat menggunakan aplikasi XAMM yang ringan karena Apache tidak selalu “ON” ketika tidak digunakan. Untuk menjalankannya tinggal men-doble klick XAMM start di explore.

Untuk mengujinya silahkan menggunakan fasilitas dexplore pada Matlab dengan mengetikannya di command window. Tekan “connect” yang terletak di kiri atas Matlab (atau otomatis akan meminta koneksi ke ODBC yang diinginkan). Pilih ODBC yang sudah dibentuk sebelumnya dengan pilihan driver MySQL.

Kemudian pastikan tampak fields yang ada di tabelnya. Silahkan yang suka “ngetik coding” di command window mengecek apakah koneksi sudah berjalan seperti berikut ini.

Pastikan isconnection bernilai “1” yang menandakan bahwa database telah berhasil terkoneksi ke Matlab anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

NB: Silahkan beli buku yang disertai source code untuk melakukan komputasi dengan Matlab yang terintegrasi dengan database (access dan mysql), online maupun di toko buku Gramedia (semoga stok masih ada): https://www.gramedia.com/pemrograman-basis-data-di-matlab-cd.html.

Iklan

Satu respons untuk “Problematika Explore Database pada Matlab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s