Georeferencing dengan Matlab – Bagian 1

Georeferencing adalah mensinkronkan antara koordinat lokal peta kita dengan koordinat global berdasarkan posisi lintang dan bujur. Untuk mengetahui teknik ini dengan menggunakan ArcView dapat Anda lihat pada postingan saya sebelumnya, Gereference and GPS. Misalkan untuk wilayah Cibitung dalam desktop GIS akan disetarakan dengan web GIS, kita perlu menentukan basis untuk longitude dan latitude serta ujung-ujung sepanjang longitude dan latitude. Longitude adalah garis bujur sedangkan latitude adalah garis lintang.

Kemudian buka google map, dan cari letak basis latitude dan longitude. Dari jangkauan maksimum dan basis bisa diketahui selisih panjang latitude dan longitude sebagai offset pada perhitungan konversi koordinat.

Setelah itu temukan panjang longitude dan latitude dengan mengurangkan selisihnya untuk melakukan konversi dari koordinat lokal ke global. Koordinat longitude dan latitude untuk pojok kanan bawah berturut turut adalah -6.240022 dan 107.18554 Berikut ini salah satu contoh listing untuk satu region.

function [latitude,longitude]=konversi(y,x)

latbase=-6.152484;

longbase=107.068653;

deltalat=latbase+6.240022;

deltalong=107.18554-longbase;

latitude=latbase-((y/500)*deltalat);

longitude=(x/700)*deltalong+longbase;

end

Sedikit modifikasi karena lokasi koordinat dalam matlab (image) agak berbeda dengan koordinat kartesian karena positf pada matlab (image) berarah ke bawah (dalam kartesian ordinat (y) negatif sehingga pada persamaan latitude di fungsi di atas berbeda dengan longitude yang langsung dijumlahkan antara longbase dengan offset-nya. Berikutnya kita uji dengan koordinat basis, misalnya (0,0).

>> [lat,long]=konversi(0,0)

lat =

-6.1525

long =

107.0687

Uji hasilnya dengan membandingkan antara lokasi di desktop GIS dengan web GIS, jika masih kurang tepat, lakukan modifikasi di basis latitude dan basis longitude. Masukan titik ( -6.1525, 107.0687 ) secara manual di Web GIS dan cek hasilnya apakah sudah tepat apa belum. Hidupkan server Ruby on Rails (RoR) yang telah dibuat pada program web GIS.

Kemudian cek dengan memasukan koordinatnya, apakah sudah tepat apa belum. Kapan-kapan akan kita bahas cara membuat WebGIS dengan RoR. Sebenarnya bisa kita cek langsung dengan memasukan koordinat di google, lihat postingan saya sebelumnya tentang memanggil WebGIS dengan Matlab tanpa server RoR.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s