Praktek Land Change Modeler dengan IDRISI – Part 1: Analisa Perubahan

Software IDRISI banyak digunakan oleh peneliti lingkungan. Salah satunya adalah untuk memprediksi perubahan lahan, misalnya dari lahan pertanian menjadi perumahan, perikanan, dan sebagainya. Bagi yang belum memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar sistem informasi geografis (GIS) sepertinya agak sulit. Untungnya tutorial yang diberikan oleh aplikasi ini cukup baik bahkan disediakan file-file praktek yang mendukung tutorialnya (silahkan buka tutorialnya di link resminya berikut ini).

Singkatnya, untuk memprediksi perubahan lahan puluhan tahun ke depan kita memerlukan data lahan di masa lampau. Misalnya untuk memprediksi lahan 2019 kita memerlukan data lahan tahun 86 dan 94 (data yang disediakan software IDRISI untuk latihan). Misalnya lahan terkini adalah tahun 2000, maka dengan lahan tahun 86 dan 94 dengan IDRISI dapat dibuat model untuk memprediksi lahan tahun 2000. Setelah itu, dilakukan proses validasi untuk mengukur sejauh mana model yang dirancang mampu memprediksi lahan. Jika sudah akurat (AUC di atas 70-an persen) maka dapat digunakan untuk memprediksi tahun yang akan datang misalnya 2019.

Buka IDRISI dan arahkan folder project ke folder yang berisi file raster klasifikasi lahan, yaitu di folder LCM\CMA. Gunakan IDRISI versi selva. Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk pemodelan LCM antara lain: Change Analysis, Transition Potential Modeling, Change Prediction, Validation, dan terakhir Prediction. Kelihatannya prosesnya panjang, tetapi sebenarnya itu sudah singkat. Pada prakteknya banyak proses yang terlibah, dari mengunduh citra satelit, pemotongan (WINDOW), klasifikasi (hard classification) hingga mempersiapkan driver.

A. CHANGE ANALYSIS

Ini merupakan langkah pertama dan terpenting. Dengan file yang tersedia, sepertinya tidak ada masalah, tetapi kenyataannya ketika kita membuat file sendiri, perlu banyak melakukan modifikasi-modifikasi, yaitu menyamakan antara dua peta yang beda waktu (temporal) agar bisa dilakukan analisa serempak. Masukan file-file yang diperlukan mengikuti tutorial yang diberikan.

Ketika tombol Continue ditekan, maka LCM akan masuk ke tahap berikutnya yaitu Gain and Loses. Rubah UNIT dari cells menjadi hectares. Coba utak-atik sendiri bagian analisa Gain and Loses, setelah dipilih Contributors to net change ke Residential (>2 acre). Coba buat peta (Create Map) yang memperlihatkan transisi dari seluruh jenis lahan menjadi lahan perumahan (residential), caranya seperti gambar di bawah ini.

Tekan Create Map untuk membuat peta-nya. Di bagian bawah Change Maps, Anda bisa juga melihat trend perubahan ke pemukiman dengan membuat peta tren.

Kesimpulan dari gambar di atas adalah trend pertumbuhan pemukiman (residential) adalah mengarah ke sisi timur laut dan tenggara (ditunjukan oleh warna merah tua dengan skor tinggi). Berikut ini rinciannya, di youtube.

Selamat mencoba.

Iklan

Satu respons untuk “Praktek Land Change Modeler dengan IDRISI – Part 1: Analisa Perubahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s