Menghitung AUC (Area Under Curve -ROC)

Setelah memprediksi perubahan, tugas terpenting berikutnya adalah menghitung akurasi dari model yang digunakan untuk memprediksi. Sub-tab validasi di Change prediction bisa juga digunakan untuk melihat akurasi model lewat mekanisme hits, false alarm, dan mis. Akan tetapi validasi tidak menunjukan angka pastinya. Oleh karena itu tulisan kali ini akan membahas bagaimana menghitung Score AUC yang menurut tutorial 0,8 sudah cukup bagus.

A. Menghitung Actual Change

Dalam tutorial yang disediakan di IDRISI actual change sudah disediakan, tetapi pada kenyataannya untuk menghitungnya kita harus mengurangkan antara lahan real saat ini dengan tahun sebelumnya yang dijadikan patokan prediksi. Misalnya saat ini tahun 2000 maka actual change berarti tahun 2000 dibandingkan dengan tahun 1994 (patokan prediksi tahun sebelumnya). Kurangkan dengan fungsi Mathematic.

Hasilnya masih berupa range dari negatif hingga positif. Oleh karena itu harus dirubah menjadi biner (nol jika tidak berubah dan 1 jika berubah). Caranya adalah dengan menggunakan fungsi RECLASS. Gunakan editor sebagai berikut:

Maksudnya adalah buat negatif atau positif menjadi kelas “1” yang berarti ada perubahan dan nol menjadi kelas nol yang berarti tidak berubah. Jalankan seperti biasa, lihat teknik ini ketika klasifikasi lahan di postingan yang lalu.

B. MENGHITUNG AUC

AUC dihitung dengan menggunakan fungsi ROC yang tersedia di IDRISI. Isi dengan menggunakan Soft prediction yang telah dihitung sebelumnya (lihat postingan yang lalu).

Tekan OK dan pastingan AUC anda muncul dalam bentuk Notepad. Selamat mencoba, lihat postingan youtube di akhir tulisan ini.

Satu respons untuk “Menghitung AUC (Area Under Curve -ROC)

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.