Menghitung AUC (Area Under Curve -ROC)

Setelah memprediksi perubahan, tugas terpenting berikutnya adalah menghitung akurasi dari model yang digunakan untuk memprediksi. Sub-tab validasi di Change prediction bisa juga digunakan untuk melihat akurasi model lewat mekanisme hits, false alarm, dan mis. Akan tetapi validasi tidak menunjukan angka pastinya. Oleh karena itu tulisan kali ini akan membahas bagaimana menghitung Score AUC yang menurut tutorial 0,8 sudah cukup bagus.

A. Menghitung Actual Change

Dalam tutorial yang disediakan di IDRISI actual change sudah disediakan, tetapi pada kenyataannya untuk menghitungnya kita harus mengurangkan antara lahan real saat ini dengan tahun sebelumnya yang dijadikan patokan prediksi. Misalnya saat ini tahun 2000 maka actual change berarti tahun 2000 dibandingkan dengan tahun 1994 (patokan prediksi tahun sebelumnya). Kurangkan dengan fungsi Mathematic.

Hasilnya masih berupa range dari negatif hingga positif. Oleh karena itu harus dirubah menjadi biner (nol jika tidak berubah dan 1 jika berubah). Caranya adalah dengan menggunakan fungsi RECLASS. Gunakan editor sebagai berikut:

Maksudnya adalah buat negatif atau positif menjadi kelas “1” yang berarti ada perubahan dan nol menjadi kelas nol yang berarti tidak berubah. Jalankan seperti biasa, lihat teknik ini ketika klasifikasi lahan di postingan yang lalu.

B. MENGHITUNG AUC

AUC dihitung dengan menggunakan fungsi ROC yang tersedia di IDRISI. Isi dengan menggunakan Soft prediction yang telah dihitung sebelumnya (lihat postingan yang lalu).

Tekan OK dan pastingan AUC anda muncul dalam bentuk Notepad. Selamat mencoba, lihat postingan youtube di akhir tulisan ini.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Asian Institute of Technology, Geographic Information System, Riset dan Penulisan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Menghitung AUC (Area Under Curve -ROC)

  1. Ping balik: Validation | Rahmadya Trias Handayanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.