Membuat Peta Slope dari Peta Elevasi

Ketika membuat salah satu driver LCM, yaitu elevasi, perlu juga membuat driver yang lain yaitu slope. Slope menggambarkan kemiringan suatu dataran, dengan satuan derajat atau persentase. Kemiringan 2% berarti sepanjang 100 meter, suatu dataran naik sebanyak 2 meter. Untuk membuat slope terlebih dahulu diperlukan peta elevasi atau yang sering disebut Digital Elevation Model (DEM).

Peta elevasi biasanya dibuat dengan data SRTM, salah satu data bagian dari USGS. Anggap kita sudah memiliki peta seperti gambar di bawah ini, yang merupakan peta DEM kota bekasi.

Ketik “slope” di menu searching tool di ArcGIS masukan peta elevasi, beri nama keluaran. Anda akan dengan mudah berhasil membuat peta slope dari peta elevasi tersebut. Oiya, pilih slope yang ada di dalam “Spatial analysis”.

Perhatikan peta slope di arcgis dan perhatikan klasifikasi yang jumlahnya banyak dapat disederhanakan dengan editing pada symbologi. Atur klasifikasinya sesuai dengan kebutuhn, misalnya lima kelas. Simak video yang bagus dari youtube di bawah ini.

Iklan

2 thoughts on “Membuat Peta Slope dari Peta Elevasi

  1. […] Postingan yang lalu membahas cara membuat peta kemiringan dari peta ketinggian dengan menggunakan fungsi Slope di tool Spatial Analysis. Tetapi ternyata untuk peta yang dibuat dengan Shuttle Radar Topography Mission (SRTM) perlu dilakukan modifikasi proyeksi. Kalau dipaksakan untuk mengkonversi DEM tanpa melakukan setting agar tidak ada “warning” terhadap Z akan dijumpai Error sebagai berikut. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s