Membuat Peta Slope dari Peta Elevasi – Problem Z Factor

Postingan yang lalu membahas cara membuat peta kemiringan dari peta ketinggian dengan menggunakan fungsi Slope di tool Spatial Analysis. Tetapi ternyata untuk peta yang dibuat dengan Shuttle Radar Topography Mission (SRTM) perlu dilakukan modifikasi proyeksi. Kalau dipaksakan untuk mengkonversi DEM tanpa melakukan setting agar tidak ada “warning” terhadap Z akan dijumpai Error sebagai berikut.

Tidak mungkin derajat kemiringan se-extreem itu. Buka ArcGIS dan coba geoprocessing tool: Slope. Dengan memasukan DEM dari SRTM tampak ada Warning di posisi koordinat Z (z factor). Jika dipaksakan untuk membentuk peta kemiringan akan menghasilkan peta dengan nilai derajat seperti gambar di atas, yang tentu saja tidak benar.

Langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menghilangkan warning pada z factor adalah sebagai berikut.

A. PROJECT RASTER

Buka geoprocessing tool di Arctoolbox di bawah data management. Atau jika ingin cepat, ketik saja project raster di kotak “searching“.

Output coordinate system pilih yang sesuai dengan koordinat geografis lokasi, misalnya untuk Bekasi adalah UTM 48S.

B. MEMBUAT SLOPE

Setelah proyeksi disesuaikan maka aktifkan lagi arctoolbox Slope dan pastikan z factor tidak ada warning seperti gambar di bawah ini.

Tekan Ok, dan pastikan derajat kemiringan sesuai dengan kenyataan. Contohnya adalah gambar di bawah ini. Lakukan proses klasifikasi untuk membuat kelas kemiringan yang sesuai dengan menggunakan Properties pada layer di Table of Contents.

Tutorial dari youtube ini bisa dijadikan referensi, selain untuk membuat peta kemiringan juga membuat presentasi peta lewat layout yang baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s