Embed PDF dari Google Drive di WordPress

Google drive merupakan salah satu fasilitas cloud storage dari Google. Untuk yang free lumayan besar yaitu 15 Gb, dibanding dropbox yang 2 Gb dan onedrive yang 5 Gb. Selain storage, google drive bisa juga untuk membuka file Printable Document Format (PDF) yang dapat ditempel di wordpress/blog kita.

Langkah-langkah

Untuk menempelkan file PDF atau yang diistilahkan dengan “embed” pada drive agak tersembunyi. Langkah yang harus ditempuh ada 2 yaitu:

  • Membuka file PDF dengan klik ganda (klik kanan – Preview)
  • M embuka ke jendela baru agar tombol “embed” muncul

Setelah itu dengan mengkopi link embed dan paste ke wordpress yang akan dipublish maka file PDF itu berhasil ditempel ke wordpress. Ketika blog dibuka, file PDF tersebut akan langsung tayang tanpa mengunduhnya.

Alternatif Lain

Banyak aplikasi cloud storage tersedia (onedrive, dropbox, slideshare, 4shared, dll), pilihlah yang sering digunakan. Beberapa waktu yang lalu karena jarang saya gunakan, dropbox memberi “warning” agar aktif ke file dropbox saya. Karena dikirim ke email yang jarang digunakan, tidak terbaca dan akibatnya akun dropbox hilang, beserta datanya.

Bagaimana yang berbayar? Menurut saya bagus juga. Tetapi jika ingin ditempel di wordpress sebaiknya yang agak abadi. Maksudnya jika tidak berlangganan lagi tetap tayang dengan yang free. Atau sebaiknya gunakan saja yang free dan selalu aktif gunakan cloud storage-nya agar tidak di-suspend seperti kasus dropbox saya. Untuk embed youtube, slideshare, dan onedrive bisa dilihat hasilnya di postingan sebelumnya. Semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s