Lex and Yacc via Konsol (DOS Prompt)

[t.kompilasi|t.informatika|s.103|pert.11]

Jika yang lalu telah dibahas membuat kompiler lewat GUI Lex and Yacc, terkadang perlu mencoba lewat mode console karena jika bisa dengan mode ini, akan mudah jika menggunakan versi linux-nya. Coba masuk ke folder Lex and yacc di folder Flex Windows. Untuk memastikan file lex and yacc lengkap coba ketik “yacc –help”. Jika muncul seperti gambar berikut berarti tersedia.

Siapkan dulu file lex dan yacc contoh misalnya calc.l yang tersedia sebagai latihan. Ketik:

yacc –d –y calc2.y

Instruksi di atas akan menghasilkan dua file yaitu y.tab.h dan y.tab.c yang masing-masing adalah berturut-turut file header dan file bahasa c (bukan c++). Untuk yang LINUX (dengan nama aplikasi bison) sepertinya tidak perlu menggunakan –y (langsung yacc –d calc2.y saja). Tekan “dir y.tab*.*” untuk melihat kedua file tersebut.

Jalankan instruksi berikutnya:

lex calc2.l

Pastikan muncul file baru lex.yy.c yang akan digunakan untuk compile dan linking sehingga dihasilkan output calc.exe. Di sini linking antara lex.yy.c dengan y.tab.c hasil yacc sebelumnya.

cc lex.yy.c y.tab.c –ocalc2.exe

Hasilnya adalah file calc2.exe yang jika dijalankan dengan mengetik “calc2.exe” pada command prompt akan dihasilkan kalkulator berikut. Ketik 1+2 dan ketika ditekan enter muncul angka 3.

Oiya, postingan ini sekedar menginformasikan teknik pembuatan kompiler lewat aplikasi lex and yacc mode konsol yang biasanya jika menggunakan linux. Untuk yang dengan GUI lebih mudah lagi. Selamat mencoba.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s