Membuat Sebuah Interpreter dengan Lex and Yacc

[t.kompilasi|t.informatika|s.103|pert.10]

Jika pada pertemuan yang lalu dibahas bagaimana cara membuat kompiler yang berisi persamaan matematis dengan satu variabel keluaran, misal variabel x maka pada pertemuan kali ini akan diilustrasikan bagaimana membuat interpreter (yang berisi eksekusi baris-perbaris). Saat ini interpreter paling banyak digunakan mengingat aplikasi berbasis web yang paling banyak digunakan, misalnya php yang menerapkan prinsip interpreter.

Tutorial Lex and Yacc

Software Lex and Yacc memanfaatkan fasilitas yang dimiliki bahasa pemrograman c++. Hasilnya adalah sebuah kompiler baru yang sesuai dengan keinginan programmer. Untuk tutorial dapat dilihat di situs resminya yang disertai juga dengan contoh kode program yang akan digunakan pada postingan kali ini.

File-File yang Dibutuhkan

Seperti biasa file berekstensi *.l dan *.y diperlukan. Masing-masing berfungsi sebagai lexical generator (lex) dan semantic (yacc). Untuk sampel (silahkan unduh di sini), dua file utama adalah calc3.l dan calc3.y diperlukan selain satu buah file header, calc3.h. Ada satu buah file tambahan untuk interpreter (calc3a.c) yang menjalankan satu listing kalang/loop “while” sementara dua lainnya (calc3b.c dan calc3g.c). Lakukan proses kompilasi dan build pada calc3.l dan calc3.y.

Bagaimana cara menggunakan calc3a.c yang berfungsi sebagai interpreter? Tidak ada penjelasan detil pada situs resminya, sementara saya mengkopi isi dari calc3a.c di bawah instruksi “Include …” dan diletakan di bagian bawah calc3.y sebelum mengkompilasi file tersebut (akan menghasilkan y.tab.c dan y.tab.h). Jalankan file exe hasil build lex+yacc hingga menghasilkan interpreter di bawah. Untuk yang compiler dan graph sepertinya butuh penjelasan yang lebih rinci lagi di postingan yang akan datang.

 

Iklan

Satu respons untuk “Membuat Sebuah Interpreter dengan Lex and Yacc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s