Catatan Kuliah dengan Android

Lama-lama malas juga kalo datang kuliah dengan berbekal buku-buka tebal dengan buku catatan yang terkadang serabutan (seluruh materi mata kuliah yang berbeda dalam satu buku). Saya coba dengan belajar hanya lewat tablet, ternyata ada sedikit kekurangan, yaitu tidak bisa mencorat-coret, hanya bisa menandai saja (garis stabilo, atau anotation). Memang benar tablet termasuk salah satu perangkat pasif dan tidak seproduktif laptop. Tetapi membawa laptop tentu saja lebih merepotkan dari membawa buku.

Pen – Stylus

Sempat saya mencoba pen stylus capasitive, tetapi hasilnya berbeda dengan menulis dengan pena. Akurasinya kurang baik dimana kerap terjadi ketika membuat garis, putus-putus di tengahnya.

Iseng-iseng saya lihat di youtube dan tertarik dengan S-pen Galaxy Note yang mirip seperti menulis dengan pena di atas kertas. Bahkan ada aplikasi-aplikasi tertentu untuk menggambar dan pdf reader yang berfungsu juga sebagai MEMO (menulis).

Tablet with S-Pen

Ada beberapa tablet yang mampu digunakan dengan S-pen yaitu Microsoft Surface Pro dan Samsung Galaxy Note. Microsoft Surface Pro sangat mahal, sementara Microsoft Surface RT tidak kompatibel dengan S-Pen. Produk Apple entah mengapa tidak memfasilitasi tablet-nya dengan S-pen, padahal jika ada saya sudah membelinya. Akhirnya pilihan saya jatuh pada Samsung Galaxy Note 10.1 2014 Edition dengan disertai Flip case dan S-Pen tambahan original karena S-pen bawaan asli tablet ini terlalu kecil di tangan saya.

Aplikasi Untuk Membuat Catatan

Aplikasi untuk memfasilitasi S-pen sangat banyak dijumpai di Google Store, dari yang gratis hingga yang berbayar. Salah satu andalan saya adalah LectureNotes. Aplikasi ini membuat sebuah buku catatan baru dengan kertas bergaris. Hasil dapat dikonversi ke PDF atau tetap dalam formatnya. Program ini walaupun dapat diunduh secara ilegal di internet, tetapi sebaiknya kita beli, khawatir virus yang saat ini sudah masuk ke sistem operasi android.

Salah satu yang saya kagumi adalah Ez-pdf. Aplikasi ini sebenarnya untuk membaca buku elektronik dengan fasilitas thumbnail dan bentuk yang kontinyu dari satu lembar ke lembar berikutnya sehingga kita bisa melihat bersamaan hingga tiga lembar. Agak repot memang jika tidak ada fasilitas ini, terlebih jika kita membaca informasi grafik/gambar tapi terletak di halaman yang berbeda. Namun, ternyata aplikasi yang berharga 40-an ribu rupiah ini mampu digunakan untuk membuat catatan/memo dengan jumlah halaman yang bisa kita tambah/sisipi. Jadi slide yang biasa diberikan oleh dosen dapat kita corat-coret bahkan disisipi dengan gambar. Perhatikan, tiga halaman dapat kita lihat bersamaan dan jika ingin fokus ke satu halaman tinggal zoom saja. Halaman di tengah adalah halaman pdf tambahan pada slide yang disisipi foto ketika kuliah berlangsung. Praktis bukan?

Iklan

2 respons untuk ‘Catatan Kuliah dengan Android

  1. Pak, boleh liat catatan kuliah lain yg dicatat pakai tablet bapak? ada rencana untuk kuliah pakai tablet+stylus sih, tapi bawanya ribet ga ya?

    • saya sudah coba pake stylus (yg ujungnya bunder) tetapi tidak memuaskan walau sudah coba stylus yang terbaik (bawa tablet waktu beli dan sebelum beli dicoba dulu dan karena kurang sreg ga jadi beli).

      saran saya pakai s-pen saja dan tidak perlu beli s-pen tambahan, cukup s-pen bawaan saja (yang bisa dimasukkan ke tablet) karena tidak perlu repot-repot bawanya. untuk aplikasi saya beli ezpdf (sekitar 50 rb dari plystore / jika punya dua tablet, tablet kedua installnya gratis asal account googlenya sama) karena bisa corat-coret di power point yang sudah diconvert pdf seperti tulisan di atas, termasuk nambah halaman baru). Untuk tulisan bebas (bukan edit) saya gunakan lecture note (kalo ini kebetulan sy nemu di internet, tapi kalo bisa beli sih jangan bajakannya, banyak virus juga takutnya).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s