Instruksi SELECT pada SQL – Bagian 1

Hari kedua tutorial Oracle membahas tentang instruksi SELECT untuk mengambil data dari database yang telah dibuat lewat mekanisme Data Definition Language (DDL). Instruksi SELECT sendiri masuk dalam kategori Data Manipulation Language (DML). Untuk yang belum meninstal SQL dapat dilihat pada tulisan sebelumnya untuk instalasi dan juga cara mengoperasikan DDL.

Perlu diketahui Oracle Database versi Express hanya memiliki satu database saja, oleh karena itu kita bersihkan terlebih dahulu tabel-tabel yang telah dibuat pada praktek sebelumnya. Gunakan erase_table untuk membersihkannya. Jangan jalankan semua, melainkan perblock dengan cara setelah copy-paste, sorot/blok instruksi yang baru saja dipindahkan, klik tombol atau dengan menekan F5.

Instruksi SELECT *

Jika sudah lanjutkan dengan membuat tiga tabel yaitu Student, Course, dan Student_Course add_tables_and_records Perhatikan setiap menjalankan instruksi SQL pastikan berjalan dan tanpa pesan kesalahan. Jika sudah maka Anda telah berhasil membuat tiga tabel yang akan kita utak-atik dengan instruksi terkenal SQL SELECT. Untuk melihat isi seluruh tabel, gunakan instruksi SELECT *;

  • SELECT * from Student;
  • SELECT * from Course;
  • SELECT * from Student_Course;

Jika tidak ingin seluruh Field ditampilkan, pada instruksi SELECT, ganti * dengan field-field yang Anda inginkan dengan disekat koma.

SELECT Student_ID, Last_name FROM Student;

CONDITIONAL CLAUSE

Terkadang kita ingin menampilkan yang lebih spesifik lagi, tidak hanya sekedar field-fieldnya. Oleh karena itu kita memerlukan Conditional Clause yang tersedia di SQL yakni:

  • WHERE
  • GROUP BY
  • HAVING
  • ORDER BY

Berikut ini kita akan mengambil data dari tabel Student yang memiliki nama belakang diawali ‘W’ dan memiliki nama tengah (Middle Initial).

SELECT * FROM Student WHERE (Last_Name LIKE ‘W%’) AND (MI IS NOT NULL);

Cek apakah ada error, oiya, jangan lupa gunakan tanda petik satu (‘) dari keyboard Anda, entah mengapa jika copas dari blog dianggap bukan tanda petik satu oleh SQL. Gunakan teknik garis bawah untuk menentukan letak huruf ke berapa dari field yang kita inginkan.

(Bersambung).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s