Entropy

Entropy mengukur ketidakpastian suatu variabel acak. Istilah ini pertama kali saya kenal di mata pelajaran kimia. Misal kita punya uang logam, jika kita lempar kita tidak memiliki kepastian apakah yang diperoleh gambar atau angka. Bagaimana dengan dadu? Tentu saja memiliki ketidak pastian, bahkan melebihi ketidakpastian dari uang logam yang dilempar. Masalahnya jika dadu yang dilempar memiliki ketidakpastian yang lebih tinggi dari uang logam yang dilempar, berapa besar? Nah kita akan coba bahas dengan konsep entropy. Manfaatnya adalah, konsep ini diterapkan untuk pembuatan pohon keputusan (decision tree).

Rumus Entropy

Entropy menggunakan konsep probabilitas dalam menentukan besar entropy suatu kejadian. Misal probabilitas uang yang normal adalah ½ untuk gambar dan ½ untuk angka, sementara untuk dadu tiap angka memiliki peluang yang sama yaitu 1/6 dengan anggapan dadunya normal (fair). Rumus entropy adalah sebagai berikut:

Berapakah entropy fair coin?

Masukan saja rumus di atas, maka diperoleh

H(x)=-( 0.5 * log(0.5) + 0.5 * log(0.5)) = 1.

Oiya, logaritmic yang digunakan adalah basis 2 (bukan sepuluh). Nah bagaimana jika coinnya tidak normal, misal peluang muncul gambar = 0.75 dan angka =0.25? Jawabannya adalah dengan rumusan di atas juga,

H(x) = – (0.75*log(0.75)+0.25*log(0.25)) = -(-0.3112-0.5)=0.8112.

Berapakah entropy fair dice (dadu normal)?

Entropy ini akan digunakan untuk menentukan percabangan pohon keputusan. Misalnya ada data dengan atribut usia, pelajar/tidak, income, dan credit rating yang menentukan seseorang membeli barang. Pertama-tama dihitung entropy atribut-atribut itu untuk mencari information gained berdasarkan entropy itu, jadi logikanya makin rendah entropy-nya maka makin kuat atribut itu menjadi akar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s