Membuat Compiler Sendiri – Persamaan Matematis

[tek.kompilasi|t.inf|s.104|pert.9]

Pertemuan yang lalu telah disinggung membuat kompiler yang melakukan operasi perhitungan layaknya menggunakan kalkulator. Di sini dengan Lex and Yacc akan dicoba membuat kompiler yang bisa melakukan perhitungan seperti ini:

Yang belum mempunyai software lex and yacc silahkan klik di sini untuk mengunduhnya dengan ukuran sekitar 20-an Mb. Kebetulan software yang dishare berbasis Windows. Jika ingin yang linux, vendor juga menyediakan aplikasi lex and yacc berbasis linux seperti Ubuntu.

Prinsip Kerja

Generasi saya (kuliah 90-an) hanya mengenal disket dan belum mengenal punch card yang berisi kartu berlubang yang fungsinya sebagai instruksi ke komputer. Bayangkan jika kita diminta menghitung iterasi ratusan kali dengan kalkulator, tentu akan bentol jempol kita. Tapi dengan menginstruksikan agar komputer menghitung iterasi ratusan kali tersebut, sekali jalan langsung selesai. Jika dulu dengan kartu berlubang, saat ini instruksi berbasis teks yang diketik. Jadi komputer harus mampu melakukan scanning agar mengetahui instruksi tersebut sesuai dengan aturan sebelumnya atau tidak, baik dari sisi kata perkata atau logika yang berupa grammar. Jadi Lex and Yacc memiliki dua mesin:

  • Scanning kata per kata dengan mesin Lex (singkatan dari lexical generator), dan
  • Grammar check dengan mesin Yacc (singkatan dari yet another compilers compiler)

Makanya software tersebut dinamakan Lex and Yacc. Jika software sudah diinstal, silahkan pelajari dari situs resminya, yang juga dilengkapi dengan kode sumber untuk praktek kali ini.

Mengkompilasi File Lex

Ada dua file yang diperlukan untuk menghasilkan satu kompiler yaitu file lex (berekstensi *.l) dan yacc (berekstensi *.y). Silahkan masuk ke bab “Practice 2”. Kopi-kan saja ke Flex Windows (software Lex and Yacc versi windows) yang baru kita instal. Masuk ke menu Tools – Lex Compile. Lanjutkan dengan masuk ke menu yang sama: Tools – Lex Build. Maka akan dihasilkan satu file baru lex.yy.c yang merupakan hasil generate ke bahasa c.

Mengkompilasi File Yacc

Jika Lex bertanggung jawab mengecek kata/word yang terdaftar di bahasa pemrograman yang dirancang, Yacc bertanggung jawab terhadap grammatical-nya. Buat kode dengan nama yang sama dengan file Lex, hanya saja untuk Yacc harus berekstensi *.y. Lakukan proses yang sama dengan Lex di menu Tools – Yacc Compile dan dilanjutkan dengan membuild beserta Lex-nya lewat menu yang sama Tools – Lex+Yacc Build. Hasil dari proses kompilasi adalah dua buah file y.tab.c dan y.tab.h yang satu untuk header (di bahasa c dengan kode #include) yaitu y.tab.h dan satu lagi y.tab.c digunakan untuk build Lex+Yacc. Di bagian indikator bawah pastikan tidak ada masalah dan cek di file lokasi penyimpanan (di folder yang sama dengan lex dan yacc) apakah file berekstensi exe dengan nama yang sama dengan lex and yacc ada, misalnya yang saya gunakan calc2.exe.

Menjalankan Bahasa Pemrograman

Ada dua cara menjalankan bahasa pemrograman yang baru dibentuk yaitu dengan mengklik file calc2.exe atau nama lain yang Anda buat, atau dengan menekan Tools – Execute Exe Directly. Hasilnya akan memunculkan jendela di bawah ini, coba dengan melakukan operasi matematis tertentu dengan variabel. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

NOTE: Ada kesalahan di bagian yacc, tambahkan di bagian atas:

  • %{
  • #include <stdio.h>
  • void yyerror(char *);
  • int yylex(void);
  • int sym[26];
  • %}
Iklan

Satu respons untuk “Membuat Compiler Sendiri – Persamaan Matematis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s