Membuat Driver LU Change di IDRISI

Driver merupakan salah satu komponen penting dalam memprediksi perubahan lahan. Driver ini merupakan variabel yang mengarahkan suatu LU berubah dari satu kelas ke kelas lainnya. Beberapa driver dibuat dengan menggunakan ArcGIS atau GIS tool lainnya (lihat postingan sebelumnya). Akan tetapi IDRISI juga bisa digunakan untuk membuat driver. Bukan hanya itu, bisa juga untuk menganalisa apakah suatu driver bersifat linear atau non-linear. Tulisan kali ini akan membahas bagaimana membuat driver dengan IDRISI.

Software IDRISI menyediakan fasilitas untuk belajar sebagai pelengkap dari tutorialnya. Harga software ini untuk mahasiswa sekitar $65 (lihat situs resminya). Tools yang digunakan untuk membuat salah satu driver yaitu DISTANCE jika ingin membuat peta jarak tertentu dari suatu lokasi, misalnya jalan, tempat pembuangan sampah, area banjir, dan sebagainya.

Masukan feature image dan nama output-nya. Tekan OK maka segera IDRISI membuat peta jarak tiap lokasi ke lokasi tertentu, dalam hal ini diambil contoh jalan pada tahun 94.

Sangat sederhana dan tidak membutuhkan GIS tool lainnya. Untuk jelasnya lihat video tutorial saya di youtube ini.

Sementara itu, untuk mengetahui suatu driver adalah non-linear kita membutuhkan fungsi HISTOGRAM yang terletak di samping GPS tool.

Sepertinya masih linear untuk distance_from_road. Tetapi beberapa driver bersifat non-linear seperti pada video di bawah ini. Jika non-linear maka tidak akurat jika menggunakan logistic regression, harus multi-layer perceptron neural network. Selamat mencoba.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Asian Institute of Technology, Geographic Information System, Riset dan Penulisan. Tandai permalink.

5 Balasan ke Membuat Driver LU Change di IDRISI

  1. Ping balik: Membuat Peta Slope dari Peta Elevasi | Rahmadya Trias Handayanto

  2. Ping balik: Manipulasi Image di IDRISI – Tip dan Trik | Rahmadya Trias Handayanto

  3. Ping balik: Cropping an Image in IDRISI | Rahmadya Trias Handayanto

  4. Mahesa Ragil Syofyan berkata:

    elevation nya saya enggak bisa di masukan utk jadi variabel. gmna cara nya ??

    • rahmadya berkata:

      dibuatnya pakai apa sebelum ke IDRISI? extent, palette, dll harus akur dulu. ketika dikonversi ke raster, pilih ukuran raster dengan cara menyontek dari driver yg jalan atau image LULC yg mau diprediksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.