Mengubah Text Box Pada Form Ms Access 2013 menjadi Combo Box

[basis.data|akuntansi|lab.soft|u.t.s]

Form merupakan salah satu aplikasi untuk berinteraksi dengan basis data. Dalam penerapannya, pengguna tidak seharusnya mengisi data lewat Database Management System (DBMS) yang memang hanya level administrator yang boleh membukanya. Oleh karena itu perancangan Graphic User Interface (GUI) dalam bentuk form sangat menentukan tingkat user friendly dari aplikasi yang dibuat. Postingan ini kelanjutan dari post sebelumnya tentang pembuatan FORM. Di sini ada sedikit tambahan bagaimana dalam menginput data, khususnya isian berupa primary key harus sesuai dengan yang ada di basis data. Di bawah ini merupakan relasi mahasiswa yang mengambil perkuliahan pada tabel jadwal. Ketika mengisi KRS maka mahasiswa menjadwalkan perkuliahan lebih dari satu kelas.

Membuat Form

Anggap kita sudah membuat form transaksi KRS lewat Form Wizard yang disediakan oleh Ms Access. Pastikan mahasiswa menjadi form utama sementara kelas-kelas yang harus diambil adalah sub-formnya.

Mengkonversi Text Box Menjadi Combo Box

Pada bagian text box yang akan dirubah menjadi combo box klik kanan dan pilih Change to – pilih Combo box. Jika dijalankan lewat mode View (di pojok kiri atas pada menu home) akan tampak combo box di salah satu field, misalnya dalam contoh ini kode. Hanya saja masih kosong dan perlu diset lebih lanjut.

 

Mengeset Row Source

Untuk mengeset isian dari combo box dengan cara mengisi field pada tabel yang sesuai lewat Property. Jalankan property dengan mengklik kanan pada text box dan pilih form property. Cara yang lebih cepat adalah dengan menekan alt + enter.

Jalankan form yang baru saja dirancang, lalu coba combo box yang baru saja dibuat. Pastikan seluruh kode kelas yang ada di tabel tampak di combo box. Berbeda dengan List Box, combo box bisa mengisi tanpa memilih, alias menambah baru. Dengan combo box, kode kelas yang diisi pasti sudah terdaftar di tabel kelas. Demikian pula informasi tentang kelas tersebut langsung muncul di isian, misalnya nama dosen pengampu mata kuliah dan lain-lainnya. Sekian semoga bermanfaat.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s